Selasa, 23 Juni 2015

Senam Ketangkasan Dasar



1.      Loncat Memutar Badan di Tempat
 Berbarislah dengan posisi badan tegak.Pandangan lurus ke depan. Tangan menyilang   memegang dada. Loncatlah ke atas dengan memutarkan badan ke kiri. Tolakkan kedua kaki untuk meloncat. Lakukan sikap mendarat sempurna dengan kedua kaki. langigerakan tersebut secara berulang dan ubah arah putaran.

2.      Loncatan Dada
       Berbarislah dengan posisi badan tegak.Pandangan lurus ke depan, posisi tangandi  samping. Loncatlah ke atas dengan menolakkan kedua kaki. Tekuklah lutut sampai mengenai dada saat meloncat.Mendarat sempurna dengan kedua kaki dan seimbang.      

3.     Lompat Satu Kaki
    Berdirilah tegak dan berbaris ke samping.Pandangan lurus pada arah melompat.Lakukanlah lompatan dengan satu kaki ke depan. Lakukan gerakan tersebut sampai garis finish lebih kurang 10 meter. Setelah selesai, lakukan gerakan dengan kaki yangberbeda.

4.     Lompat dengan Memutar
         Badan ke Depan Berdirilah tegak dengan posisi tangandi samping badan. Pandangan kedepan. Lompatlah ke depan sambil memutar badan. Daratkan badan dengan sempurn dengan menjaga keseimbangan. Lakukan gerakan tersebut pada jarak lebih kurang 10 meter.

5.  Latihan gerak guling depan (Forward Roll)
        Guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan(yaitu: tengkuk, punggung pinggang dan panggul bagian belakang). Latihan berguling ke depn dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: Guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awal berdiri.

Cara melakukan guling ke depan :
1.      Mula-mula sikap jongkok, kedua kaki rapat lalu letakkan lutut di dada dan kedua tangan menumpu di depan ujung kira-kira 40 centi meter.
2.      Bengkokkan kedua tangan lalu letakkan pundak pada matras lalu menundukkan kepala mulai bahu sampai ke dada.
3.      Lanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan, ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

0 komentar:

Posting Komentar